Naik Kereta Api Memang Menyenangkan

10 Dec 2015

Naik kereta api jaman sekarang ternyata lebih menyenangkan. Setidaknya itu yang saya alami. Kesenangan itu dimulai saat membeli tiketnya. Selain membeli langsung di stasiun kini penumpang sudah bisa membeli tiket kereta api secara online atau melalui toko yang ditunjuk. Saya misalnya bisa membeli di supermaket dekat rumah saya. Ini sangat praktis dibandingkan dengan jaman dulu yang harus pergi ke stasiun dengan antrian yang cukup panjang. Tanda pembelian tiket di luar stasiun ini bisa ditukarkan di stasiun pada hari H keberangkatan. Selain itu calon penumpang juga bisa mencetak tiket sendiri dengan memasukkan kode booking yang ada. Mudah dan tertibnya pembelian karcis seperti ini bisa menghindarkan penumpang dari percaloan tiket.

Kenyaman yang kedua adalah saat berada di stasiun. Kondisi stasiun juga sudah lebih tertib. Para pedagang asongan yang dulunya cukup banyak jumlahnya sekarang sudah tidak ada. Demikian pula warung-warung atau stand penjual makanan, minuman dan barang-barang lain. Sebagai penggantinya ada toko swalayan di dalam stasiun dan stand lain yang lebih tertata rapi. Itulah sebabnya para penumpang yang hobi makan dan minum selama perjalanan dianjurkan untuk membawa bekal sendiri dari rumah atau membelinya di tempat yang telah disediakan. Maklum pedagang asongan yang dahulu bisa sampai mendekati pintu gerbang sambil berteriak menawarkan dagangannya sekarang sudah tidak ada lagi.

.

.

Para pengantar juga tidak diperbolehkan masuk ke ruang tunggu calon penumpang yang sudah steril. Dengan cara ini maka calon penumpang bisa mendapatkan tempat duduk saat menunggu jam keberangkatan tiba. Juga tidak tampak orang yang merokok di sembarang tempat sehingga asap tidak lagi mengelilingi penumpang. Penumpang yang ingin merokok mendapat tempat khusus yaitu Smoking Area. Tempat merokok biasanya agak jauh dari kerumunan penumpang. Ini menguntungkan bagi penumpang yang tidak merokok.

Di dalam kereta api juga sudah lebih nyaman. Semua kereta api sudah ber AC sehingga tak ada lagi penumpang yang bekipas ria dengan menggunakan koran, majalah atau kipas bawaan sendiri. Sistim satu tempat duduk untuk satu penumpang sudah diterapkan. Tak ada lagi penumpang yang berdiri atau duduk lesehan di lantai kereta api. 

Soal keterlambatan keberangkatan dan kedatangan kereta api memang masih terjadi. Namun keterlambatan tersebut tidak terlalu parah kecuali ada keadaan darurat sepanjang perjalanan misalnya bencana alam atau kecelakaan lalu lintas. 

Dengan berbagai kenyamanan di atas maka sekarang saya lebih senang berpergian naik keretapi. Tidak terhadang kemacetan seperti jika saya naik mobil. Selain itu keamanan  sepanjang perjalanan juga bisa saya rasakan ketika naik kereta api. 

Semoga pada saat liburan sekolah, liburan hari besar misalnya Hari Raya Idul Fitri, Natal dan Tahun kenyaman naik keretapi seperti ini masih didapatkan. 

 

 


TAGS kereta api stasiun kereta api tiket kereta api


-

Profil Penulis

Abdul Cholik lahir tanggal 213 Agustus 1950 di Jombang, Jawa Timur. Setelah menjadi purnawirawan melanjutkan hobi menulis dengan ngeblog dan menulis buku.

Search

Artikel Terbaru